par

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh,
Salam Sejahtera bagi Kita Semua.

Puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa. Karena berkat rahmat-Nya hingga hari ini kita masih dapat berkarya demi kemajuan bangsa.

Sebagai upaya mengembangkan destinasi dan industri pariwisata Indonesia di dalam negeri maupun mancanegara, Kementerian Pariwisata sesuai dengan fungsinya mengelola kekayaan negara dengan melakukan pembangunan dan perintisan daya tarik wisata. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan destinasi pariwisata nasional dan pengembangan daerah serta peningkatan kualitas dan daya saing pariwisata.

Pembangunan pariwisata memiliki arti yang sangat penting ditinjau dari berbagai aspek. Dari sisi ekonomi pariwisata, dalam beberapa tahun terakhir sektor pariwisata memberikan kontribusi terhadap PDB, (baik melalui devisa maupun perputaran ekonomi), dapat membuka peluang usaha jasa pariwisata (baik langsung maupun tidak langsung), dan membuka peluang kerja yang sangat banyak.

Budaya Indonesia yang terdiri dari beragam pulau dan suku serta alam Indonesia dengan potensi flora, fauna, dan lingkungannya memerlukan tangan-tangan manusia kreatif dan bertanggungjawab dalam mengelola dan melestarikannya. Hal ini agar budaya dan alam Indonesia tetap utuh dan dapat dimanfaatkan dengan baik, khususnya untuk generasi mendatang.

Dalam rangka meningkatkan daya saing nasional, Kementerian Pariwisata RI juga turut memanfaatkan teknologi digital dalam mempromosikan kekayaan budaya dan alam Indonesia. Melalui industri digital tentu hal ini memudahkan pengembangan pemasaran pariwisata tidak hanya ke seluruh nusantara namun juga mancanegara. Dengan demikian, peluang Indonesia untuk populer dengan kearifan budaya dan alamnya pun semakin besar.

Oleh karena itu, Kementerian Pariwisata menyambut baik dan mendukung penyelenggaraan ANJA & Bandung ICT Expo 2016 yang mengangkat tema “Digital Industries For Cultural And Natural Wisdom To Enhance Nation Competitiveness”. Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi yang baik antara Telkom DDS dan Telkom University yang akan dilaksanakan pada tanggal 19-21 Oktober 2016 bertempat di Telkom University Convention Hall, Bandung.

Kami harap event ini dapat menjadi rujukan bagi pemegang kepentingan industri digital dan kepariwisataan. Kami mengajak pihak yang berkepentingan dengan industri kreatif dan kepariwisataan khususnya kearifan budaya dan alam dapat ikut serta dan berkontribusi dalam mensukseskan rangkaian event tersebut.

Kementerian Pariwisata juga dalam kesempatan ini mengucapkan Selamat Ulang Tahun yang ke- 160 Telkom Group dan Ulang Tahun yang ke-3 Telkom University. Semoga Allah SWT memberikan kemudahan dan rahmat-Nya kepada seluruh jajaran Direksi dan Karyawan Telkom Group juga Civitas Academica Telkom University. Amin.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Jakarta, Maret 2015

 

Dr. Ir. Arief Yahya, M.Sc.
Menteri Pariwisata R.I