2

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh,
Salam Sejahtera bagi Kita Semua.

Sebagai upaya mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong, pemerintah Indonesia menerapkan Masyarakat Ekonomi ASEAN yang dimulai sejak 1 Januari 2016 kemarin. Pembentukan pasar tunggal ini tentu membuka peluang sekaligus tantangan bagi dunia usaha di Indonesia, khususnya sektor UMKM.

Pada tahun 2015, Telkom berhasil mengajak 1.007.076 UKM Goes Digital atau UKM yang memanfaatkan berbagai layanan Information & Communication Technology (ICT) melalui sebuah layanan yang khusus melayani pelaku Usaha Kecil dengan brand “SOBAT-UKM”.

Di samping untuk mendukung kemajuan UKM Indonesia melalui berbagai layanan ICT, Telkom Group mendukung penuh upaya pemerintah dalam meningkatkan daya saing nasional dengan mempromosikan kearifan budaya dan alam yang ada di Indonesia. Industri digital bisa dijadikan jawaban atas tantangan-tantangan yang ada. Layanan ICT memberikan peluang untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat dengan cara menghasilkan kreatifitas dan daya cipta masing-masing individu dalam melestarikan dan mempopulerkan budaya dan alam Indonesia.

Sebagai satu-satunya perusahaan ICT milik pemerintah, Telkom Group secara konsisten membangun ekosistem dan berkolaborasi dengan berbagai pihak, baik lingkungan industri, pemerintah, perguruan tinggi, maupun komunitas. Telkom University sebagai center of excellence dalam bidang ICT dan yang dilahirkan dari Telkom Group diharapkan dapat berperan banyak dalam mengembangkan ekosistem tersebut, baik dalam mendukung penyediaan sumber daya bidang ICT berwawasan global, maupun sebagai katalis terjadinya collaborative innovation dalam industri ICT.

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun TELKOM GROUP yang ke-160 dan Hari Ulang Tahun Telkom University yang ke-3 tahun 2016, kami menyambut baik dan mendukung penuh penyelenggaraan ANJA & Bandung ICT Expo 2016, hasil kolaborasi Telkom University dan Telkom DDS pada tanggal 19 – 21 Oktober 2016 di Telkom University Convention Hall Bandung.

Dengan ini kami mengajak kalangan industri ICT, terutama para mitra kerja Telkom, para operator ICT, para akademisi, komunitas, dan para pihak yang berkepentingan dengan ICT dapat ikut serta serta berpartisipasi dalam mensukseskan event tersebut yang diagendakan secara reguler.

Pelaksanaan kegiatan ANJA & Bandung ICT Expo 2016 diharapkan dapat dimanfaatkan secara maksimal dalam memberikan sumbangan positif dan membangun konsolidasi kemampuan nasional guna memperkuat sektor telekomunikasi di Indonesia.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Bandung, Maret 2015

 

Ir. Alex J. Sinaga, M.Sc.

CEO Telkom Group